Sabtu, 18 April 2009

Analisis Kompetensi SDM melalui Assessment Center:

Faktor penting dalam meraih puncak prestasi fungsi SDM diperusahaan dan unit bisnis adalah tersedianya SDM yang kompeten dibidangnya masing-masing. Untuk keberhasilannya diperlukan beberapa faktor kunci seperti informasi yang akurat mengenai kemampuan sdm di setiap level, informasi mengenai tingkat kemampuan sdm disetiap level organisasi perusahaan dan faktor lainnya adalah prosedur yang handal untuk mendapatkan sdm yang tepat.
Kebutuhan untuk meraih kualitas terbaik terlahirlah metode multiple assesment process. Proses ini memungkinkan evaluasi terstandarisasi terhadap perilaku dengan pendekatan karakteristik khasnya, yakni multiple methods/ instrument, multiple criteria, multiple assessors, dan multiple participants.
Secara praktis pendekatan ini lazim dipahami sebagai suatu proses penilaian (evaluation/rating) yang canggih dan berstandarisasi terhadap kemampuan maupun karakteristik, dan didesain secara khusus untuk meminimalkan kemungkinan timbulnya penyimpangan penilaian.
Sebuah assessment centre yang efektif akan membuahkan output-output berkualitas dan memenuhi seluruh tuntutan, dengan pelatihan ini memaparkan dengan selengkapnya dan sejelas mungkin bagaiman caranya merancang dan menjalankan assessment centre.

Tujuan dan Manfaat Pelatihan
Meningkatkan kemampuan SDM yang paling kritis terhadap kesuksesan dalam
pekerjaan.
Membangun dan menginternalisasikan pendekatan assessment centre didalam SDM.
Meningkatkan produktifitas karyawan dan organisasi perusahaan dalam pelaksanaan
kerja.
Mengembangkan kompetensi yang andal dan valid untuk memastikan perolehan SDM
dengan spesifikasi kemampuan dan karakteristik terbaik.

Materi
Assesment Center
Pengertian dan Konsep Dasar Assesment Center
Assessment Center dan Manajemen SDM
Pro dan Kontra Implementasi Assesment Center
Desain Dan Konstruksi:
Manajemen Proyek
Kompetensi: Pengertian dan Konsep Dasar
Model Kompetensi
Kompetensi: Analisis dan Konstruksi Model
Latihan Simulasi: Ragam dan Aplikasinya
Latihan Simulasi: Desain Dan Konstruksi
Seleksi dan pelatihan Assessor
Implementasi:
Persiapan Implementasi
Menghimpun Data
Pengolahan Data
Laporan Hasil Assessment
Pasca- Assessment:
Umpan Balik Hasil Assessment
Langkah Pengembangan

Durasi
Lama Pelatihan adalah 8 jam/ 1 hari

Waktu dan Lokasi
Tanggal 30 April 2009 di Hotel/ Gedung Milik Vendor di Jakarta

Investasi
Rp. 1.350.000/peserta (sudah termasuk Lunch + Coffee Break , Modul dan sertifikat)

Metode Pelatihan
GAME, PERSONAL ASSESSMENT and PRESENTATION
Peserta
Mereka yang memiliki Peran, Fungsi serta Tanggungjawab sebagai Pengambil Keputusan dalam Unit Bisnis dan Department khususnya departemen SDM. Menjadi Kunci dalam Pergerakan Perusahaan, seperti Para Manager, Kepala Bagian (Kabag), dan Kepala Sub Bagian (Kasubag).

Fasilitator
Eko Supriyatno SE, MM.
Beliau adalah lulusan dari PPM Institute dengan konsentrasi pada Manajemen. Saat ini beliau sebagai konsultan yang bergerak dibidang jasa konsultasi manajemen. Selain itu beliau adalah seorang instruktur/trainer/speaker pada berbagai workshop dan training di bidang sumber daya manusia dan pemasaran. Sebelumnya, beliau telah sukses sebagai praktisi, terbukti dari berbagai posisi yang pernah disandangnya. Posisi Assistant Manager di PT Astra International pernah dipegangnya, serta posisi Business Manager di PT Wicaksana Overseas International Tbk. Selain itu beliau pernah bekerja sebagai direktur training LP3I (lembaga pendidikan ternama). Beberapa proyek yang pernah ditanganinya adalah Penyusunan Job Description, Pengembangan dan Desain Organisasi, strategi SDM, Pengembangan Peran Baru SDM di berbagai perusahaan retail, Fast Moving Consumer Good (FMCG), pelayaran dan Penerbangan. Tak diragukan lagi bahwa beliau sangat piawai dalam mengemukakan formulasi-formulasi baru di bidang SDM, Marketing dan Strategi yang bersifat praktis. Beberapa training yang seringkali dibawakan adalah Negotiating skills, Time Management, Marketing Intellegence, Effective Marketing for Your Company, Smart Selling, Managing HR for Beginner, Recruitment Handbook dan lain-lain. Saat ini masih aktif sebagai kolumnis Tabloid Wanita Indonesia.
Susunan Acara
08.30 - 09.00 Pendaftaran dan registrasi peserta
09.00 - 10.30 Materi/ Sesi I : Assesment Center & Desain Dan Konstruksi
10.30 - 10.45 Rehat
10.45 - 12.30 Materi/ Sesi II : Implementasi & Pasca- Assessment
12.30 - 13.30 Rehat - makan siang
13.30 - 15.00 Personal assessment dan presentasi
15.00 - 15.15 Rehat
15.15 - 16.00 Evaluasi presentasi.
16.00 Penutupan acara.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar